Capaian Pembelajaran
Berdasarkan profil lulusan yang telah ditetapkan Program Studi Pendidikan FKIP Universitas PGRI Madiun, disusunlah Capaian Pembelajaran Program Studi sebagai berikut:
SIKAP |
|
S1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila. |
S4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
S11 |
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya. |
KETERAMPILAN UMUM |
|
KU 1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU 2 |
Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU 3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
KU 4 |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU 5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU 6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU 7 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; |
KU 8 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
KU 9 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi; |
PENGETAHUAN |
|
P1 |
Menguasai konsep teoritis tentang pedagogik meliputi, teori belajar, metode, media, sumber, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran, serta desain instruksional (kurikulum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran) untuk pembelajaran akuntansi di pendidikan menengah (SMA/MA dan SMK/MAK) yang berorientasi pada kecakapan hidup |
P2 |
Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan |
P3 |
Menguasai konsep dan prinsip ilmu ekonomi |
P4 |
Mampu menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan secara umum |
P5 |
Mampu menguasai konsep dan prinsip akuntansi manajemen |
P6 |
Mampu mengusai konsep teoritis secara umum akuntansi sektor publik |
P7 |
Mampu menguasai konsep dan prinsip akuntansi keuangan syariah |
P8 |
Mampu menguasai konsep dan peraturan Perpajakan dalam pembelajaran akuntansi |
P9 |
Menguasai prinsip dan prosedur teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk mendukung pembelajaran akuntansi |
P10 |
Menguasai konsep dan prinsip penelitian kualitatif maupun kuantitatif Pendidikan akuntansi |
P11 |
Menguasai konsep umum dan prinsip penelitian tindakan kelas (action research) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi |
P12 |
Menguasai prinsip dan prosedur tentang teknologi informasi dan komunikasi sebagai media untuk mendukung pembelajaran akuntansi |
P13 |
Menguasai prinsip dan teknik komunikasi lisan dan tulisan, verbal dan nonverbal, serta komunikasi instruksional. |
KETERAMPILAN KHUSUS |
|
KK1 |
Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan mengevaluasi, serta melakukan perbaikan proses pembelajaran akuntansi secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep didaktik pedagogik dan keilmuan dibidang akuntansi serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup dan pemanfaatan TIK |
KK2 |
Mampu melakukan pendampingan sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan pendidikan |
KK3 |
Mampu menyusun, dan menganalisis laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur skala kecil dan menengah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan, Standar Akuntansi Keuangan EMKM dan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Privat dalam pembelajaran akuntansi |
KK4 |
Mampu menyusun dan menganalisis anggaran perusahaan skala kecil dalam pembelajaran akuntansi |
KK5 |
Mampu menyusun dan menganalisis harga pokok produksi dalam pembelajaran akuntansi |
KK6 |
Mampu mengelola administrasi perpajakan dalam pembelajaran akuntansi |
KK7 |
Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak (aplikasi pengolahan angka, aplikasi pengolahan data dan aplikasi akuntansi) dalam rangka penyusunan laporan keuangan |
KK8 |
Mampu melakukan pendampingan sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan pendidikan |
KK9 |
Mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan atau kuantitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran serta mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah |
KK10 |
Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang relevan untuk pengembangan mutu pembelajaran akuntansi |
KK11 |
Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan secara efektif |